Laporan PPDB 2017



LAPORAN




PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMA NEGERI 3 SUMATERA BARAT
TAHUN PELAJARAN 2017/2018




 















Pelaksana / Panitia Penerimaan
SMAN 3 SUMATERA BARAT



















logo sumbar1 PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 3 SUMATERA BARAT

                                                                                                 
Jl. By Pass, Pasar Benteng, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman                                   
Email: smantrisumbar@gmail.com

LAPORAN

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
KELAS BERASRAMA (BOARDING SCHOOL)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama (Boarding School) TP 2017/2018 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, sudah dilaksanakan rangkaian kegiatan PPDB sebagai berikut.

No.
Kegiatan
Tanggal
1
Pendaftaran online tahap I
5 – 9 April 2017
2
Pendaftaran online tahap II
12 – 15 April 2017
3
Seleksi tahap I (administrasi): penyerahan syarat-syarat pendaftaran
17 – 21 April 2017
4
Pengumuman hasil seleksi tahap I
22 April 2017
5
Seleksi tahap II:
  • Tes akademik
  • Tes wawancara

23 April 2017
17 – 18 Mei 2017
6
Pengumuman calon peserta didik yang diterima
23 Mei 2017
7
Pendaftaran ulang calon yang diterima
24 – 27 Mei 2017
8
Pendaftaran cadangan, pengumuman, dan pendaftaran ulang cadangan yang diterima
28 Mei 2017

        Jumlah peserta didik yang direncanakan, pendaftar, dan yang diterima.

Perencanaan
Pendaftar
Diterima
84 orang (3 rombel)
254 orang
84 orang

            Pendaftar berdasarkan jenis kelamin:

Laki-laki
Perempuan
Jumlah
62
192
254

Seleksi Tahap I (administrasi)
Setelah batas waktu penyerahan berkas/syarat-syarat pendaftaran selesai, jumlah calon yang menyerahkan syarat-syarat pendaftaran adalah 157 orang. Sebanyak 97 calon tidak menyerahkan berkas pendaftaran, dalam arti mengundurkan diri. Artinya, jumlah calon yang lulus seleksi administrasi hanya 157 orang, dengan rincian sebagai berikut.

Laki-laki
Perempuan
Jumlah
44
113
157
Pelaksanaan Tes Akademik (Tertulis)

1)     Tes akademik dilaksanakan dalam bentuk tertulis.
2)     Materi uji: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.
3)     Penyusunan butir soal menggunakan kisi-kisi UN SMP/MTs TP 2016/2017.
4)     Bentuk soal pilihan ganda, dengan jumlah 100 butir, dengan rincian:
·       Bahasa Indonesia        : 20  butir
·       Bahasa Inggris                        : 20  butir
·       Matematika                : 20  butir
·       IPA                              : 20  butir
·       IPS                              : 20  butir

5)     Butir soal diambilkan dari bank soal UN SMP/MTs dalam 5 tahun terakhir yang sesuai dengan kisi-kisi UN SMP/MTs TP 2016/2017.
6)     Pemilihan butir soal dari bank soal dilakukan oleh guru mata pelajaran terkait yang memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi.
7)     Perakitan (penyatuan soal) dilakukan oleh panitia yang memiliki integritas.
8)     Penggandaan soal dilakukan oleh Panitia. Saat penggandaan, naskah soal dikawal langsung untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.
9)     Lembar jawaban menggunakan lembar jawaban biasa (bukan lembar jawaban komputer).
10) Jadwal tes akademik pada hari Minggu, 23 April 2017, pukul 09.30-11.30 WIB.
11) Sebelum tes akademiki dilaksanakan, panitia menjelaskan tata tertib dan teknis ujian, serta sistem penilaian hasil tes.
12) Peserta disebar dalam 7 ruang ujian, dan setiap ruang ujian diawasi oleh pengawas ruang.
13) Pelaksanaan tes dilengkapi daftar hadir peserta dan berita acara ujian.
14) Kehadiran dan ketidakhadiran peserta  saat tes akademik
·                          peserta yang hadir      :  144 orang
·                          peserta tidak hadir      :    13 orang (dianggap mengundurkan diri)

Pemeriksaan Hasil Tes Akademik (Tertulis)

1)  Setelah tes akademik dilaksanakan langsung dilakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta.
2)  Pemeriksaan dilakukan oleh panitia.
3)  Pemeriksaan dengan menghitung jumlah jawaban benar, jumlah jawaban salah, dan jumlah soal yang tidak dijawab.
4)  Kriteria penilaian hasil tes akademik sebagai berikut.
·     Jawaban benar bernilai 3
·     Jawaban salah bernilai -1 (minus 1)
·     Tidak dijawab bernilai nol

5)  Pengolahan nilai menggunakan komputer program mikrosfot excel dengan menggunakan formula (rumus) sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
6)  Pengolahan nilai dilakukan oleh panitia.
7)  Soft copy dan hasil pemeriksaan terlampir.

Seleksi Tes Wawancara
1)     Tes wawancara  dilaksanakan dalam bentuk wawancara berbahasa Inggris oleh guru bahasa Inggris dan wawancara motivasi, minat/bakat, dan imtak oleg guru BK.
2)     Tes wawancara dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis (17 dan 18 Mei 2017).
3)     Kehadiran dan ketidakhadiran peserta  saat tes akademik
·                          peserta yang hadir      :  114 orang
·                          peserta tidak hadir      :    30 orang (dianggap mengundurkan diri)
Penetapan Calon yang Diterima

Berdasarkan  Pasal 11  Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama (Boarding School) TP 2017/2018 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, kriteria penetapan calon peserta didik baru yang diterima diperoleh berdasarkan nilai akhir (NA) dari akumulasi :

·       nilai rata-rata rapor 5 semester          :  20%
·       nilai tes akademik                              :  65%
·       nilai tes wawancara                            :  10%
·       sertifikat prestasi                                :    5%


Pengumuman Hasil Seleksi Akhir
1)     Seleksi akhir ditentukan berdasarkan peringkat nilai akhir (NA) setiap calon dari yang tertinggi ke yang terendah.
2)     Pengumuman ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.
3)     Pengumuman hasil seleksi akhir hari Selasa, 23 Mei 2017
4)     Pengumuman disampaikan secara online di laman: www.smani1.lubuksikaping.sch.id dan secara manual di papan informasi SMAN 1 Lubuk Sikaping
5)     Print out dan soft copy hasil seleksi akhir terlampir.

Pendaftaran Ulang Calon yang Diterima
1)               Pendaftaran ulang calon yang diterima tanggal 24 s.d. 27 Mei 2017
2)               Calon yang diterima dan mendaftar ulang: 78 orang.
3)  Calon yang diterima, tetapi tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan:  6 orang, dengan rincian:

No. Urut Diterima
Nomor Pendaftaran
Nama Calon
L/P
Sekolah Asal
20
158 /A/2017
ABBY FAKHRI CHORY
L
SMAN 1 Rao Selatan
37
252/A/2017
FEBY AFIFAH SALFITRI
P
MTsN 1 Pasaman
38
254/A/2017
NITRI ZULISTIA LESTARI
P
MTsN 1 Pasaman
58
111/A/2017
ALIF SALIM GUSTI
P
MTsN 1 Pasaman
60
018/A/2017
FENTI SOVIYA
P
SMPN 1 Simpati
61
100/A/2017
FIRA AULIA PUTRI
P
SMPN 1 Simpati

Pendaftaran Cadangan
1)  Pendaftaran cadangan, pengumuman cadangan yang diterima, dan pendaftaran ulang cadangan yang diterima tanggal 28 Mei 2017
2)  Cadangan yang mendaftar: 21 orang.
3)  Cadangan yang diterima: 6 orang
4)  Print out dan soft copy hasil seleksi cadangan terlampir.

Data Siswa Akhir
1)  Jumlah akhir siswa kelas berasrama SMAN 3 Sumatera Barat: 84 orang,  terdiri dari  20  orang laki-laki dan  64 orang perempuan.
2)  Data akhir peserta didik baru SMAN 3 Sumatera Barat TP 2017/2018 sebagaimana terlampir.



Pembiayaan

            Pembiayaan rangkaian kegiatan PPDB Kelas Berasrama SMAN 3 Sumatera Barat TP 2017/2018 sebagai berikut.

No.
Kegiatan /Sub Kegiatan
Volume
Biaya
1
Rapat persiapan
1 kl

2
Pembuatan aplikasi pendaftaran online di website
1 kl

3
Jasa pengelolaan data
2 org

4
Jasa pengolahan nilai
2 org

5
ATK
1 set

6
Persiapan tempat seleksi administrasi
1 set

7
Makan/minum panitia seleksi administrasi
5 hr

8
Penyusunan soal tes akademik
5 mapel

9
Penggandaan soal tes akademik
157 set

10
Pengawasan tes akademik
7 ruang

11
Pemeriksaan tes akademik
144 siswa

12
Pelaksanaan tes wawancara bahasa Inggris dan BK
2 hr

13
Penerimaan pendaftaran ulang
4 hr

14
Penerimaan pendaftaran cadangan
1 hr

15
Biaya transportasi koordinasi ke Padang
3 kl

16
Biaya rapat kordinasi dengan Dinas Pendidikan
1 kl

17
Biaya makan/minum panitia
1 kegiatan

18
Insentif panitia
1 kegiatan

19
Biaya kebersihan dan keamanan
1 kegiatan








Lubuk Sikaping,  30 Mei 2017

Plt Kepala SMAN 3 Sumatera Barat




Drs. Noviar, M.M.
NIP 19661130 199412 1 003


Komentar